Balai Desa Banyak Tak Di Fungsikan, Pemerintah Bangkalan Diminta Tidak Tutup Mata

Bangkalan,alanwarpos.com – Pemerintah kabupaten Bangkalan memberikan bantuan dana berupa pembangunan kantor balai Desa. Masing-masing desa memiliki anggaran 230 juta, terdapat 273 kantor balai desa di 18 kecamatan yang dibangun menggunakan dana APBD tersebut sejak Tahun 2017.

Pembangunan kantor balai Desa bertujuan untuk melengkapi layanan sarana dan prasarana dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ahmad Annur salah satu aktivis penggerak Desa mengatakan, pembangunan kantor balai Desa banyak di bangun di rumah kepala desa, sehingga sulit dibedakan antara balai Desa dan rumah Kepala Desa.

“Hasilnya banyak desa yang tidak aktif. Dan beberapa desa balainya ya dibangun d rumah kepala desa. Hingga tidak ada bedanya antara balai desa dan rumah kepala desa.” Ujarnya nya kepada media alanwarpos.com. Kamis (21/11/19).

Tidak hanya itu, Ahmad sapaan akrabnya, melakukan investigasi ke beberapa Desa, tujuan melakukan investigasi tersebut  untuk memastikan alokasi dana pemerintah kabupaten Bangkalan untuk pembangunan balai Desa benar-benar bermanfaat.

“Untuk memastikan alokasi dana dari pemerintah Bangkalan untuk pembangunan balai desa  benar benar manfaat.” Katanya

Berdasarkan hasil dari investigasi yang ia lakukan, banyak di temui balai desa yang belum di fungsikan, perangkat Desa dan Badan Permasyarakatan Desa banyak tidak ngantor, meski balai Desa sudah ada, sehingga mengakibatkan pelayanan dan administrasi desa masih harus kerumah kepala desa.

Ahmad berharap, Bupati dan pemerintah DPRD kabupaten Bangkalan serius menata dan memperbaiki desa, menurutnya, sampai saat ini pembangunan di desa kabupaten Bangkalan masih amburadul, Hal paling sederhana seperti sistem administrasi dan pelayanan masih carut marut.

“Bupati dan DPRD tidak tutup mata melihat kondisi desa di Bangkalan yang masih amburadul ini”. ujarnya

Ia menambahkan, pemerintah Bangkalan baik eksekutif dan legislatif serius menata desa, karena desa ujung tombak pembangunan Bangkalan.

“Untuk mendorong percepatan pembangunan desa di Bangkalan harus diperbaiki dulu pelayanan dan tatakelola dana desanya”, pungkasnya

Penulis : Jawadi

Editor : redaksi

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *