Keeksotisan Pantai Seger di Lombok Tengah

Lombok Tengah,- Siapa yang tidak mengenal Kabupaten Lombok Tengah?, ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang dititipkan di Bumi Tatas Tuhu Trasna, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memilik destinasi wisata yang sangat eksotis.

Ciptaan Tuhan tersebut salah satunya yakni wisata Pantai Seger yang keindahannya mampu menghipnotis para wisatawan untuk betah berlama-lama menikmati pemandangan alamnya sehingga membuat mereka “tidak mau pulang”.

“i can’t imagine what Seger Beach views before”. Kata Joseph Gorman, seorang Pelancong asal Newcastle Inggris.

Pantai Seger sendiri terletak di Desa Sukedane, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, sekitar 2 kilometer dari Desa Kute. Untuk menuju ke lokasi bisa menempuh jarak selama kurang lebih 1 jam dari Bandara Internasional Lombok di Tanak Awu.

Eksotisme pantai ini memiliki disebabkan karena keindahan alam yang unik, air lautnya yang biru dan jernih, pasir putih yang halus seperti butiran merica, serta deretan bukit yang terhampar di sekitar pantai mampu memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

“I sometimes spend long of day here to see the nature, blue sea, big waves, pure desert and all kind exaotice phenomenon on this beach till i forgot the time and my place”. Puja Joseph.

Tak hanya itu, pemandangan bawah lautnya pun tak kalah indah sehingga wajar saja jika pantai ini menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Pantai Seger juga menawarkan banyak spot cantik bagi wisatawan yang ingin menikmati berbagai aktivitas di pantai, mulai dari sekadar selfie, berjemur, berenang hingga surfing.

Di bagian utara pantai Seger, terdapat arus lautnya yang tenang dan ombaknya tidak terlalu besar. Tentu saja bagian ini cocok bagi para pengunjung yang membawa anak kecil. Air lautnya yang jernih dengan kontur laut yang landai bisa jadi pilihan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan terumbu karang, ikan-ikan, dan pemandangan bawah laut. Jadi spot ini sepertinya sangat cocok untuk menjadi tempat snorkling.

Di tengah laut, terdapat batu karang unik yang menyembul seperti jamur besar yang tumbuh dari dalam lautan. Tidak heran masyarakat setempat menamakan batu ini ‘Batu Tengkong’ yang dalam bahasa Sasak artinya batu jamur. Batu ini merupakan salah satu tempat favorit untuk berfoto ketika air laut surut, sebab bentuknya memang mirip seperti Jamur

Sementara di bagian tengah, terhampar Bukit Seger yang juga merupakan tempat para pengunjung ber-selfie ria. Spot ini juga sangat tepat untuk menikmati sunrise. Deburan ombak di sekitar bukit cukup besar seolah memanggil para surfer untuk turun berselancar.

Di Pantai ini juga, terdapat Monumen Putri Mandalika yang menjadi cikal bakal tradisi warga Sasak dalam menggelar event pariwisata “Bau Nyale”.

Selain itu, bagi wisatawan pecinta kuliner juga dapat memanjakan diri dengan menikmati berbagai pilihan masakan khas Lombok yang disajikan oleh rumah makan di sekitar pantai. 
Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, di sekitar pantai terdapat lahan parkir yang sangat luas dengan biaya parkir relatif murah, berkisar Rp 5.000 per kendaran.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *