Khofifah Sigap, Tangani Kebakaran Gunung Arjuno-Welirang

Alanwarpos – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa, Sigap menanggapi peristiwa terjadinya kebakaran di gunung Arjuno-welirang,  Khofifah pun segera menghubungi Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) meminta segera melakukan pemadaman melalui udara atau water boming.

“Kami sudah mengirim surat dan koordinasi langsung dengan Kepala BNPB untuk meminta bantuan water bombing mengatasi karhutla di kawasan Gunung Arjuno-Welirang. Mengingat area terdampak karhutlanya cukup curam,” kata Khofifah dalam siaran pers yang dikutip dri detikcom di Surabaya, Senin (14/10/2019).

Lanjut Khofifah ” insyaallah hari Senin” helikopter akan di krim ke  Jawa timur, saat ini masih di gunakan di kahultra untuk pemadaman di gunung malabar. Imbuhnya.

Menurutnya. Penanganan melalui water boming sangat di butuhkan dikarenakan medannya yang sangat curam dan angin yang tertiup sangat kencang, pendaman secara manualpun juga di lakukan, namun membutuhkan waktu lama sekitar 5 jam untuk bisa ke titik lokasi kebakaran.

“Pemadaman dengan cara manual sebenarnya sudah kami lakukan. Namun dengan ketinggian dan medan tebing curam 60 derajat ditambah angin kencang, sudah empat hari ini tidak membuahkan hasil. Untuk efektivitas serta efisiensi dan mencegah karhutla semakin meluas, teknik water bombing ini sangat mendesak kita perlukan,” paparnya.

Pemadaman di lokasi gunung Arjuno-welirang akan terus di lakukan, Mengingat banyak tumbuhan dan satwa merupakan konservasi yang melindungi sistem penyangga kehidupan.

Penulis : Moh wadi

Editor : Miftahus syifak

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *