Menghadapi Era 4.0; BEM STEBIA Bangkalan Gelar Diklat Jurnalistik

Alanawarpos.com – Badan Eksekutif Mahasiswa STEBIA Bangkalan menggelar Diklat Jurnalistik dengan mengangkat tema; Meningkatkan Intelektual dalam Dunia Literasi. Minggu (15/03/2020).

Acara tersebut diselenggarakan di gedung Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Al-Anwar (STEBIA) yang dihadiri 40 peserta terdiri dari mahasiswa, siswa, santri, dan Ustazah.

Waka II STEBIA Agus Salim dalam sambutannya mengatakan,
“Acara ini kami adakan untuk pelajar agar mampu menulis dengan baik, khususnya dalam ruang lingkup informasi yang ada di media. Kita ini berada di zaman yang modern, jadi kita harus mampu menyesuaikan dengan keadaan.”

Acara tersebut dibuka langsung oleh K.H. Mukhlis selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar. Dalam sambutannya beliau mengatakan;
“Kita sekarang ini dihadapkan perkembangan zaman yang semakin pesat dan modern. Sehingga dalam dunia tulis menulis harus kita kuasai, agar kita mampu mengikuti perkembangan media yang ada. Dengan pembacaan basmalah, acara diklat ini dibuka.”

Ada tiga sesi penyampaian materi diklat tersebut. Sesi pertama teknik penulisan opini, berita, dan esai disampaiakan oleh Agus Salim, S.Ikom yang merupakan Redaktur bangkalan.kab.go.id. Sesi kedua konsep dasar hukum media disampaiakan oleh Syahril Abdillah, S.Pd., M.SI. yang berprofesi menjadi Wartawan. Sedangkan sesi ketiga Teknik Reporter dan sistematika pengolahan data disampaiakan oleh Mohc. Syahid JTV dan Herwanto Metro TV.

Kontekstualnya Diklat Jurnalistik diselenggaran sebagai bentuk pelatihan dasar dalam dunia tulis menulis bagi pemula. Hal ini juga bagian dari rasa peduli terhadap pelajar atas perkembangan persuratkabaran di era 4.0, yang hampir segala sesuatu berbasis cepat, tanggap, dan online. Sehingga dengan adanya diklat ini bisa mengasah kemampuan membuat berita, esai, opini, dan segala konsep dasar hukum media.

Hayyul Mb

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *