Pemerintah Bangkalan Resmikan 4 Puskesmas Hari ini

Bangkalan, alanwarpos.com – Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur telah meresmikan 4 kesehatan masyarakat (Puskesmas), peresmian tersebut berlangsung hari ini yang di letakan di Puskesmas Kecamatan Galis. (23/01/20).

Empat peresmian kesehatan masyarakat diataranya puskemas kecamatan Galis, Tongguh, Sepolo dan Kwanyar. Dalam kesempatan peresmian ini dihadiri oleh Bapak Bupati Bangkalan Ra Abd. Latif Amin Imron.

Bupati Bangkalan yang akrab di panggil Ra Latif mengungkap, dirinya merasa bersyukur atas rampungnya empat rumah kesehatan masyarakat dari sumber Dana Alokasi Khusus (ADK) afirmasi pada tahun 2019.

“Dengan fasilitas yang dimiliki empat puskesmas baru ini kami berharap masyarakat dapat menjaga kesehatannya. Karena puskesmas tidak hanya melayani orang sakit, tetapi juga orang sehat, misal konsultasi gisi dan general cek up,” ungkapnya yang dilansir dari jf.id.

Lanjut Ra Latif, kegiatan kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas dalam rangka menuju program pemerintah sehat memberikan dukungan baik dari tokoh serta masyarakat sekitar.

“Dalam kesempatan ini kami juga mengapresiasi kepada kontraktor yang telah menyelsaikan pengerjaan pembangunan empat puskesmas ini,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan Sudiyo mengaku bersyukur karena rekanan kontraktor dapat menyelesaikan pekerjaan empat puskesmas tersebut tepat waktu.

“Untuk pengerjaan sendiri tepat waktu dan sesuai harapan, secara umum bagus,” katanya.

Menurut Sudiyo, Peresmian empat puskesmas tersebut berjalan lancar. Meski secara simbolis pengguntingan pita bertempat di Puskesmas Galis, namun Bupati Bangkalan direncanakan masih akan meresmikan satu- persatu.

“Bupati berkenan untuk meresmikan sendiri- sendiri. Mungkin mulai minggu depan bergeser sesuai berkenannya bapak bupati, bisa di kwanyar dan lainnya,” tuturnya.

Mantan Kepala Puskesmas (Kapus) Blega itu menyampaikan, setelah pengguntingan pita secara otomatis empat puskesmas tersebut bisa digunakan. Saat ini, lanjutnya, dalam proses menata sarana dan prasarana.

“Pembangunan puskesmas itu sendiri kan sifatnya paket, artinya pembagunan fisik + sarana dan prasarana baru, jadi setelah pengguntingan bisa di pakai,” terangnya.

Dengan adanya gedung, alat kesehatan (Alkes), ambulan dan fasilitas lainnya yang serba baru, Sudiyo akan terus meningkatkan dan mengimbangi pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara menyeluruh.

“Karena ini adalah pelayaban publik, 
masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk datang ke fasilitas kesehatan yang ada di wilayah puskesmas,” pintanya.

Selain itu, Ia menyebut juga akan meningkatkan kualitas tenaga kesehatan dengan cara mengikutkan terhadap pelatihan- pelatihan dan kursus. Hal itu kata dia, agar pelayanan kesehatan bisa lebih baik.

“Secara internal kami juga menyiapkan SDM yang handal, jadi peningkatan SDM secara menyeluruh dan ini bertahap,” tandasnya.

Penulis : die

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *